$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

$type=grid$count=3$meta=0$sn=0$rm=0$show=home

Peran GuruInovatif.id dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru dan Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era Pendidikan 4.0

SHARE:

  Peran GuruInovatif.id Sebagai Edtech yang Mencetak Guru Berkualitas   Saat ini kita memasuki industri 4.0, yang mana era ini merupakan sit...

 Peran GuruInovatif.id Sebagai Edtech yang Mencetak Guru Berkualitas

Guru Belajar Mengajar di GuruInovatif.id 

Saat ini kita memasuki industri 4.0, yang mana era ini merupakan situasi yang disruptif dan diperlukan manusia yang adaptif untuk bisa bertahan dan unggul dalam era ini. 

Inovasi berkembang sangat cepat, teknologi melaju pesat, hingga mampu merusak kondisi mapan berbagai tatanan sistem.

Kemapanan sistem yang bisa berubah seketika, karena manusia harus bisa  beradaptasi dengan cepatnya perubahan.

GuruInovatif.id sebagai platform digital dalam edtech merupakan sebuah jawaban bagi kita dalam menghadapi era pendidikan 4.0, khususnya sebagai guru. 

Hal yang sangat relevan dan penting bagi seorang guru untuk belajar mengajar di GuruInovatif.id untuk menghadapi tantangan di era pendidikan 4.0 ini. 

Beberapa peran  GuruInovatif.id dalam mencetak guru berkualitas diantaranya:

1. Relevan dengan Era Industri 4.0


Edtech GuruInovatif.id di Era Industri 4.0

Kalau pada era industri sebelumnya masih amat mengandalkan tenaga manusia hingga mesin, pada era industri 4.0 yang paling diunggulkan adalah teknologi. 

Kita lihat contoh konkrit di sekitar kita, pada sekumpulan anak-anak yang ingin mengetahui sebuah informasi, kalau dulu masih bertanya kepada orang tua atau buku.

Bagaimana dengan kita sekarang atau anak-anak masa kini? Ketika tidak tahu, mereka tinggal mencarinya lewat sebuah mesin pencari otomatis yang bisa menjawab pertanyaan mereka.

Kemajuan yang paling terasa di era industri 4.0 adalah internet. Semua komputer tersambung ke sebuah jaringan bersama. Selanjutnya kemajuan teknologi yang manfaatnya dirasakan oleh banyak orang. Lebih cepat, lebih terjangkau secara luas dan memudahkan. 

2. Relevan dengan Era Pendidikan 4.0

Guruinovatif.id sebagai solusi di Era Pendidikan 4.0


Menghadapi tantangan tersebut, tentu banyak sektor yang berubah. Teknologi, Ekonomi, hingga Pendidikan adalah sektor yang pastinya berubah agar bisa bertahan dan berdaya saing di era ini. 

Era pendidikan yang dipengaruhi oleh industri 4.0 disebut sebagai Pendidikan 4.0. Pendidikan 4.0 merupakan pendidikan yang memanfaatkan teknologi informasi dalam proses pembelajaran. 

Sistem ini mampu menembus ruang batas dan waktu, sehingga jangkauan bisa lebih masif. Tak disangka tahun ini dunia terkena pandemi global sehingga justru sistem Pendidikan 4.0 amat relevan dalam sistem pendidikan kita.

Kehadiran GuruInovatif.id sebagai lembaga divisi di bidang pelatihan guru untuk mendorong percepatan transformasi pendidikan Indonesia, merupakan sebuah hal yang potensial dan dinantikan oleh banyak orang, khususnya guru. 

Guru merupakan garda terdepan dalam dunia pendidikan. Oleh karena itu, jika ingin mentransformasi pendidikan dengan masif, maka masifkan lah pelatihan guru. 

Untuk bisa menjawab tantangan di era pendidikan 4.0 dengan menjadi guru berkualitas, langkah utama adalah dengan mengikuti pelatihan guru berkualitas.

3. Menjangkau Seluruh Akses

Peningkatan mutu pendidikan terutama guru melalui guruinovatif.id


Sejatinya kita bukan kekurangan jumlah guru, namun kita perlu terus meningkatkan guru inovatif dan pendidikan berkualitas di negeri ini. 

Semakin banyak guru inovatif dan sekolah berkualitas, output akan tercermin dari murid berkualitas, lalu menjadi generasi berkualitas, hingga terciptalah peradaban madani.

Dalam menghadapi pendidikan 4.0, GuruInovatif.id mampu menjadi sebuah solusi yang efektif, masuk  melalui pembelajaran dan peningkatan kompetensi guru yang terencana dan terukur. 

GuruInovatif.id hadir dengan kompetensi unggulannya, yakni “Teaching Mastery Framework (TMF)” membentuk guru inovatif, dapat melaksanakan fungsi pengajaran dan pendidikannya secara sistematis dan efektiv, bermula dari perencanaan, eksesusi hingga evaluasi.

Dengan semangat yang sama untuk mendorong transformasi pendidikan Indonesia, saya amat mendukung program GuruInovatif.id yang merupakan bagian dari HAFECS. Semangatnya perlu kita dukung bersama untuk kemajuan pendidikan Indonesia. 

GuruInovatif.id mengetahui bahwa banyak guru concern akan sertifikasi guru sehingga tercipalah platform digital ini untuk memudahkan para guru mengikuti pelatihan dan bisa tersertifikasi.

Saya yakin Indonesia tak kekurangan guru-guru inovatif, namun guru-guru inovatif perlu lebih terdistribusi dengan merata ke seluruh penjuru daerah, karena semua anak bangsa berhak dididik oleh guru terbaik.

4. Sejalan dengan Program Kemdikbud

GuruInovatif.id Sejalan dengan Program Kemdikbud


Semangat GuruInovatif.id dalam usaha peningkatan kompetensi pendidik di seluruh Indonesia, patut kita apresiasi. 

Berbagai program training dilakukan dengan mengedepankan kompetensi guru serta efektivitas pembelajaran. Program GuruInovatif.id juga sejalan dengan konsep yang kini digagas pemerintah, yakni Pendidikan Guru Penggerak.

Pendidikan Guru Penggerak adalah program kepemimpinan bagi guru untuk menjadi pemimpin pembelajaran. 

Program ini meliputi pelatihan daring, lokakarya, konferensi, dan pendampingan selama 9 bulan bagi calon Guru Penggerak. Selama program, guru tetap menjalankan tugas mengajarnya sebagai guru.

Saya menyambut baik program ini, karena gagasan utamanya ialah menjadikan guru mampu merefleksi filosofi pendidikan Ki Hajar Dewantara, serta bisa membumikannya di sekolah. 

Tentu hal ini merupakan hal yang sejalan bagi GuruInovatif.id dalam menciptakan guru inovatif.

5. Memiliki Visi Misi Sejalan dengan PGRI

Guruinovatif.id Memiliki Visi Misi Sejalan dengan PGRI


Visi Misi yang dibawa oleh GuruInovatif.id mendapatkan sambutan baik dari PGRI. Masalah kualitas guru di Indonesia hingga kini masih menjadi concern semua pihak. 

Padahal keberadaan guru sangat berperan penting dalam kemajuan pendidikan dan membentuk karakter anak bangsa.

Oleh karena itu PGRI mendukung peningkatan kualitas dan mutu guru, melalui program sertifikasi guru yang kini bisa anda akses dengan mudah, efektif dan efisien. 

Dan itu disambut baik oleh GuruInovatif.id sebagai penyedia platform training bagi para guru-guru hebat di Indonesia.

Ada 3 Tips yang saya tuliskan, ditujukan bagi anda agar siap menghadapi era pendidikan 4.0, diantaranya :

1. Cakap Menggunakan Teknologi Informasi

Peneliti dari SMERU Research Institute, di masa depan anak-anak dapat belajar di mana saja tanpa terikat ruang fisik, begitu pula dengan guru yang bertindak sebagai fasilitator.

Tren pembelajaran online menjadi salah satu bentuk adaptasi tersebut. Sektor Edtech (education technology) di Indonesia melihat pertumbuhan yang positif. 

Munculnya startup-startup di bidang pendidikan seperti bimbel online dapat menjadi jembatan untuk memperkenalkan metode pembelajaran online kepada masyarakat.

Sehingga masyarakat sudah terbiasa dengan metode pembelajaran ini apabila nantinya diadaptasi dalam sistem pendidikan. 

Selain itu, menjajarkan pertumbuhan internet dengan teknologi pendidikan memberikan kesadaran sejak awal bagi masyarakat agar menggunakan internet untuk hal-hal yang positif.

2. Bijak Berteknologi

Teknologi bak pisau bermata dua, keuntungan dan kerugian bisa kita pilah dengan bijak saat menggunakannya. 

Oleh karena itu, manfaatkanlah untuk hal yang positif dan progresif bagi diri. Sumber daya manusia yang berkualitas menjadi kunci sekaligus tantangan untuk mampu bersaing di era industri 4.0.

Lewat teknologi, berbagai ilmu dari segala penjuru negeri bisa diakses hanya dalam beberapa detik. Perkembangan teknologi telah mendemokratisasi informasi, ilmu pengetahuan, dan pendidikan. 

Ini juga menjadi kunci untuk mencapai cita-cita SDM unggul yang nantinya mampu bersaing di tingkat global. Namun, bijaklah agar justru teknologi tersebut bisa membawa kita ke hal-hal positif. 

Jangan biarkan justru teknologi yang menjerumuskan kita, karena sebagai manusia kita bisa menimbang dan memilah hal baik dan buruk.

3. Miliki Wisdom dan Konsep Diri yang Kuat

Industri 4.0 mengedepankan kecerdasan berfikir juga critical thinking. Namun, hal itu tidaklah cukup, jika tidak diimbangi dengan kecerdasan emosi dan spiritual. 

Tak akan lengkap rasanya jika kita hanya mengejar kognitif semata tanpa adanya pemupukaan  pendidikan karakter sejak dini.

Pendidikan karakter yang kelak akan membentuk anak-anak kita menjadi cerdas bermoral dan selalu ingat akan Penciptanya. 

Tak lupa, ia perlu menjadi seorang individu yang adaptif dan bisa memecahkan masalah. Oleh karena itu penting menjadikannya seorang yang kreatif, agar bisa menjadi problem solver dan orang yang bermanfaat di manapun berada.

Rekomendasi Platform Digital untuk Meningkatkan Mutu Garda Terdepan Dunia Pendidikan

Dengan jargon “Nurturing Mind, Enriching Knowledge”, HAFECS yang merupakan penggagas GuruInovatif.id hadir sebagai platform modern yang bisa dijangkau oleh seluruh guru di Indonesia. 

Harapannya, bisa menjadi tempat belajar guru dimanapun berada dan bisa menjangkau lintas lokasi, waktu, hingga generasi.

Saya teringat pesan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI, tentang 5 kompetensi yang diperlukan dalam menghadapi era revolusi industri 4.0, diantaranya:

  1. Kemampuan berpikir kritis.
  2. Memiliki kreatifitas dan kemampuan yang inovatif.
  3. Kemampuan dan keterampilan berkomunikasi yang baik
  4. Kemampuan kerjasama
  5. Memiliki kepercayaan diri yang tinggi.

Euforia atas program-program inovatif yang digaungkan oleh Mendikbud, sejatinya perlu kita sambut dengan baik. Saya melihat banyak industri education techology (edtech) yang mampu menjawab tantangan di era pendidikan 4.0. 

Dengan bantuan teknologi informasi, peningkatan kualitas manusia dapat dipercepat puluhan kali dengan cara yang efisien. Platform digital seperti GuruInovatif.id menjadi tempat belajar guru yang ingin mengakses pengetahuan, keterampilan, hingga kompetensi.

GuruInovatif.id mampu menjadi platform digital yang tidak hanya fokus melatih serta mengembangkan kompetensi guru, namun juga menjadi jawaban bagi kebutuhan para guru di seluruh Indonesia, yakni memiliki sertifikasi guru untuk mewujudkan pemerataan kualitas guru di seluruh Indonesia. 

Tantangan yang harus kita hadapi kini adalah rendahnya kemampuan literasi dan numerik yang tercermin dari skor PISA. Kondisi ini ironis, karena sesungguhnya Indonesia termasuk negara yang memiliki anggaran besar terhadap pendidikan.

Namun mengingat praktik di lapangan, keunggulan sekolah dinilai dari kemampuan kognisi para peserta didik, bagaimana dengan aspek lain seperti pendidikan karakter? 

Penting sekali bagi setiap pelaku di industri edtech untuk tidak hanya mengutamakan teknologi, namun fokuskan juga pada konten edukasi dan aspek holistik pendidikan.

Saya rasa HAFECS melalui GuruInovatif.id bisa menjawa gap soal kemampuan literasi numerasi yang masih perlu ditingkatkan di Indonesia, lewat misinya dalam program pelatihan guru.

Bangsa yang besar dicirikan dengan masyarakatnya yang memiliki peradaban tinggi, dan ini berbanding lurus dengan budaya literasi. 

Literasi dan numerasi merupakan prasyarat kecakapan hidup di era pendidikan 4.0 dan sebagai bangsa besar, Indonesia sangat perlu untuk mencapai hal tersebut.

Enam literasi dasar mencakup literasi baca tulis, literasi numerasi, literasi sains, literasi digital, literasi finansial, dan literasi budaya dan kewargaan. 

GuruInovatif.id bisa menjadi pintu masuk bagi seluruh guru di Indonesia agar dapat memiliki kompetensi keenam literasi tersebut untuk kemudian mengajarkannya kepada para murid di sekolah.

Dengan kemampuan membaca, kemampuan dasar berikutnya seperti numerasi, sains, digital, finansial, serta budaya dan kewargaan dapat dikembangkan. 

Semoga GuruInovatif.id bisa menjadi tempat belajar guru  yang dapat menjadi denyut nadi pendidikan Indonesia dan mampu menjangkau seluruh akses, waktu, tempat, hingga generasi.

Karena mendidik adalah tentang menyemai sebuah generasi, yang mungkin hasilnya tidak langsung kita lihat hari ini atau esok, melainkan beberapa tahun atau periode berupa gemilangnya sebuah generasi dan peradaban.

Pandemi Covid19 memang belum berlalu, namun langkah inovasi tidak boleh terhenti. Terlebih bidang pendidikan, saat ini memiliki tantangan tersendiri di tengah pandemi. 

Kunci utama kualitas pendidikan itu sendiri ada pada kita selaku guru. GuruInovatif.id hadir sebagai langkah inovasi digital dari HAFECS untuk menjaga kualitas pengajaran guru. 

Terdapat puluhan materi pembelajaran dari berbagai mata pelajaran yang dapat digunakan oleh para guru untuk mengasah kemampuan mengajarnya.

Tentunya ditunjang dengan kurikulum berkualitas dan trainer yang berpengalaman akan memudahkan guru untuk memahami materi yang diajarkan. 

Di sesi akhir, para guru akan mendapatkan e-certificate berdurasi jam pelajaran sebagai bukti telah mengikuti serangkaian pembelajaran online dari GuruInovatif.id. 

Selain itu, para trainer terbaik  GuruInovatif.id akan selalu siap berdiskusi secara langsung tentang berbagai macam tantangan pembelajaran yang dihadapi Guru-Guru di Indonesia. 

Semua itu, sesuai dengan visi GuruInovatif.id yakni untuk mentransformasi kualitas guru dan pendidikan Indonesia.

Banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan ketika belajar di GuruInovatif.id, diantaranya:



1. Melatih Kemampuan Guru

Topik PCK, HOTS, Assesment, dan lainnya. Menurut National Research Council, Konsep PCK (Pedagogical Content Knowledge) sangatlah beragam, tetapi para peneliti pendidikan sepakat bahwa PCK merupakan pengetahuan pengalaman dan keahlian yang diperoleh menlali pengalaman-pengalaman di kelas dan murid agar mampu menjadi problem solver dari setiap masalah/pembelajaran langsung yang dihadapi.

(Higher Order Thinking Skills) amat diperlukan dalam ranah akdemik, karena kemampuan tersebut dapat mengasah otak pelajar dalam menalar dan memecahkan suatu masalah dengan tepat. Konsep HOTS juga yang ditekankan dalam indikator PISA, sehingga jika kita ingin memajukan indeks nilai dalam PISA, maka kita perlu meningkatkan cara berfikir HOTS pada peserta didik.

2. Trainer Berpengalaman

Ayo belajar langsung dari trainer berpengalaman dan teruji kompetensinya. Anda akan dilatih hingga mencapai kompetensi yang diharapkan, langsung dari ahlinya hingga anda terampil.

3. Kursus Bersertifikasi

Setiap kursus dan webinar dilengkapi dengan sertifika, modul dan fasilitas lain yang disediakan.

4. Kemudahan Belajar

Akses belajar sangat mudah, tidak terbatas jarak dan waktu dan bisa dijangkau oleh siapa saja.

Hingga kini, GuruInovatif.id dan HAFECS telah dipercaya oleh lebih dari 50.000 guru dan pegiat pendidikan di seluruh Indonesia, 10.000 sekolah dan instansi, dan menjangkau lebih dari 300 kota/kabupaten.

Anda bisa memilih paket kursus dari GuruInovatif.id yang menyediakan berbagai  macam paket modul video tentang Teaching Mastery Framework.

Sebagai plarform belajar online yang bersertifikasi untuk guru, GuruInovatif.id hadir untuk membangun keterampilan mengajar dengan kursus, webinar, dan sertifikat. 

Hanya 5 langkah yang perlu anda lakukan untuk mulai belajar di GuruInovatif.id, tentunya sangat mudah bukan?



1. Membuat akun

Inilah langkah awal yang perlu anda lakukan, anda cukup mengisi form yang ada di kolom pendaftaran dan ketika anda sudah melakukannya dengan komplit, maka otomatis anda sudah terdaftar di GuruInovatif.id. Pembuatan akun gratis dan tanpa biaya apapun.

2. Pilih kursus/kelas

Saat registrasi selesai, kini anda bisa masuk ke akun GuruInovatif.id dan bisa memilih berbagai Kursus Online dan Webinar yang bersertifikat. Semua kursus, training dan webinar yang dilaksanakan oleh GuruInovatif.id tentunya telah teruji berkompeten dan diisi oleh para trainer Guru yang berpengalaman dan tak diragukan lagi kualitasnya. Jaminan mutu adalah prioritas  yang diberikan oleh GuruInovatif.id.

3. Melakukan pembayaran

Langkah selanjutnya setelah anda memilih kursus atau kelas yang ingin anda ikuti, silahkan lakukan pembayaran. Tak perlu khawatir, sistem pembayaran dapat dilakukan dengan aman, cepat dan mudah. GuruInovatif.id membuat cara paling mudah untuk anda dengan menghadirkan berbagai fitur dan kualitas pembelajaran dalam kursus yang disajikan bersama para trainer kompeten dan berpengalaman.

Langkah pembayaran yang dapat anda lakukan amat mudah, semudah belanja online!

Anda hanya tinggal pilih jenis kursus yang ingin diikuti, kemudian checkout, setelah itu akan tertera tujuan rekening transfer. Setelah melakukan pembayaran, silahkan konfirmasi melalui formulir yang telah dibuat sistem. Dalam waktu 1x24 jam sistem akan mengkonfirmasi dan anda bisa memulai kurus atau webinar yang telah anda pilih.

4. Mulai kursus

Silahkan memulai program kursus atau webinar yang anda pilih. Platform yang disediakan oleh GuruInovatif.id didesign khusus agar nyaman dan mudah ketika anda menyimak video dan materi pembelajaran. Semua itu ditujukan agar anda merasakan impact dari program GuruInovatif.id dan hasilnya bisa dirasakan nyata oleh anda sebagai guru yang kelak akan mentransformasi ilmu kepada murid-murid di sekolah.

5. Dapatkan fasilitas

Di sesi akhir, para guru akan mendapatkan e-certificate berdurasi jam pelajaran sebagai bukti telah mengikuti serangkaian pembelajaran online dari GuruInovatif.id. GuruInovatif.id juga memberikan anda beragam fasilitas khusus bagi anda yang telah mengikuti program. Mulai dari sertifikat, e-modul, dan fasilitas lainnya berdasarkan kursus dan webinar yang diikuti.

Di era pendidikan 4.0 ini tentu kita sudah tidak asing dengan istilah education technology atau yang biasa disingkat edtech. Para guru dan murid dituntut untuk memiliki kecakapan perangkat teknologi, demi efektivitas dan efisiensi akses pembelajaran. Beragam startup, edtech dan jenis-jenis platform digital edukasi mungkin sering kita dengar ya namanya. Lantas apa saja kelebihan program pelatihan yang diadakan GuruInovatif.id?

4 Kelebihan GuruInovatif.id



1. Online Certification

Pelatihan yang dilakukan secara daring bisa memberikan dampak yang lebih meluas ditinjau dari aspek lokasi dan waktu. Anda tidak perlu terbebani dengan jarak yang tidak terjangkau, maupun waktu yang terbatas. Kini anda bisa mendapatkan pelatihan bersertifikasi hanya dari perangkat gadget anda, amat mudah bukan?

Harga yang ditawarkan juga ,amat terjangkau, investasi mulai dari Rp 65.000 dan bisa mendapatkan e-sertifikasi kursus 32JP beserta materi belajar. Video berkualitas FHD dengan durasi minimal 2 jam.

2. Mini Course

Selain kemudahan akses yang bisa anda dapatkan, dalam program mini course anda bisa berinvestasi mulai dari Rp 25.000 dan bisa mendapatkan e-sertifikat kursus 16JP beserta materi belajar. Video berkualitas FHD dengan durasi minimal 30 menit.

3. Productivity Course

Program ini diberikan untuk anda secara gratis dan bisa mendapatkan e-sertifikat kursus 4JP. Video berkualitas FHD dengan durasi minimal 10 menit dan anda bisa membawa pulang materi belajar.

4. ISLTF (Innovation School Leader and Teacher Forum)

Program ini diberikan untuk anda secara gratis dan bisa mendapatkan e-sertifikat kursus 4JP. Video berkualitas FHD dengan durasi minimal 60 menit dan anda bisa membawa pulang materi belajar.

Misi dari GuruInovatif.id adalah memberikan pelayanan kepada guru agar dapat belajar dimana saja dan kapan saja. GuruInovatif.id membuat cara paling mudah untuk para guru demi melakukan transformasi pendidikan di Indonesia.

Ayo segera ikuti berbagai kursus online, dari kursus gratis hingga premium di GuruInovatif.id, tunggu apalagi?

Segera bergabung menjadi bagian dari transformasi pendidikan negeri yang berkualitas tinggi dengan menjadi Guru Inovatif bangsa.

Salam Guru Inovatif.

Sudah ada inspirasi atau pertanyaan kah terkait program GuruInovatif.id? Boleh banget kontak langsung atau kunjungi media sosial nya yaa di bawah ini:

Kontak GuruInovatif.id :

HAFECS Jakarta

Office 8, Lt. 7, SCBD Lot. 28,

Jl. Jend. Sudirman Kav. 52-53

(Jl. Senopati Raya No.8) Jakarta 12910


HAFECS Yogyakarta

Jl. Kenari No.77, Muja Muju, Umbulharjo, Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta 55165


HAFECS Kalimantan 

Gedung Auditorium Lantai 1, Kampus SMP-SMA Global Islamic Boarding School

Jl. Trans Kalimantan KM. 12, Sungai Lumbah, Alalak, Barito Kuala, Kaliamantan Selatan, Indonesia 70582


Contact

Whatsapp (0812-2609-8800)

Telepon Kantor (0274) 514 616

Email cs@hafecs.id / partnership@hafecs.id

Media Sosial (IG, FB)

Hafecs.id

GuruInovatif.id

 *****

Hi perkenalkan, nama saya Lia dan saat ini berprofesi sebagai Guru Ekonomi di sebuah SMA Swasta di Depok. Saya tertarik tentang dunia pendidikan dan seluruh isinya. Bagi saya dunia pendidikan, mengajar, dan siswa adalah bagian dari hidup saya sejak mulai kuliah dulu. Tepatnya tahun 2010 saya mulai kuliah di Fakultas Ekonomi UNJ, ditambah masa studi lanjut di Universitas Pertahanan dan saya sangat menikmati masa-masa belajar disana.

Ohya, blog ini juga merupakan bagian dari passion saya dalam dunia pendidikan. Saya suka berbagi mengenai informasi yang sekiranya bisa bermanfaat untuk orang lain, informasi terkait beasiswa, rekomendasi, hingga parenting.

Ketiga hal tersebut tentu memang tidak jauh dari dunia pendidikan ya. Bersyukur, karena punya partner yang amat mendukung saya dalam cita-cita dan passion saya sehingga mengizinkan saya menjadi seorang Ibu, Guru dan Blogger.


Artikel ini saya persembahkan untuk kegiatan lomba yang diadakan oleh HAFECS (Platform Digital untuk Guru di bidang pelatihan dan sertifikasi).


Lomba Blog Hafecs
lomba blog GuruInovatif.id

COMMENTS

BLOGGER
Nama

Dunia Pendidikan,14,Inspirasi,2,Parenting,5,Rekomendasi,6,
ltr
item
Noerlia Agustina Rachman Blog: Peran GuruInovatif.id dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru dan Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era Pendidikan 4.0
Peran GuruInovatif.id dalam Meningkatkan Mutu Kualitas Pengajaran Guru dan Pendidikan Indonesia dalam Menghadapi Era Pendidikan 4.0
https://1.bp.blogspot.com/-aajOC-F3sNU/X5YnA9Z4HyI/AAAAAAAABmQ/iQ59XkFpFmUVku_S1DbiBSfuyxZyC5ScgCLcBGAsYHQ/w640-h360/Era%2BIndustri%2B4.0.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-aajOC-F3sNU/X5YnA9Z4HyI/AAAAAAAABmQ/iQ59XkFpFmUVku_S1DbiBSfuyxZyC5ScgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/Era%2BIndustri%2B4.0.jpg
Noerlia Agustina Rachman Blog
https://www.kaklia.com/2020/10/peran-guruinovatifid-dalam-meningkatkan.html
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/2020/10/peran-guruinovatifid-dalam-meningkatkan.html
true
5982765889919919835
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content