$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

$type=grid$count=3$meta=0$sn=0$rm=0$show=home

Pengalaman Tinggal di Barak, Asrama Unhan, Hingga Tips Setelah Tidak Lagi TInggal di Asrama

SHARE:

Hal yang tidak terlupakan pada saat tinggal di barak dan asrama Unhan, hingga tips setelah keluar dari asrama.

Gambar ilustrasi: tinggal di asrama Unhan, tapi lebih keren asrama yang aslinya. Photo by Daria Shevtsova on Unsplash

Ada beberapa tahapan tempat selama menjalani masa perkuliahan di Unhan. Dimulai dari matrikulasi, mahasiswa baru Unhan diwajibkan tinggal di Barak selama satu bulan.

Di barak ini terdapat beberapa kamar, dimana satu kamar bisa diisi sekitar 20 mahasiswa (tentu saja dibedakan tempat antara mahasiswa putri dan putra). 

Satu kamar ini diisi oleh mahasiswa dari berbagai program studi, sehingga masa ini pas banget buat nge-blend satu sama lain dengan mahasiswa dari seluruh program studi.

Di dalam satu kamar terdapat kurang lebih 10 kamar mandi, jadi tentu pakainya harus bergantian. Tapi untungnya masih aman-aman saja, gak ada yang sampai harus berebut atau antri lama. 

Kalau makan, sudah disediakan berupa nasi kotak untuk sarapan, makan siang, hingga makan malam. Kita tinggal ambil saja di lantai dasar, setiap makan malam, karena sarapan dan makan siang akan makan di kampus.
Setiap pagi sekitar jam 7 akan ada bus yang datang menjemput mahasiswa menuju kampus. Sebenarnya jarak dari Barak hingga ke kampus kurang lebih sekitar 0,5 - 1 km. 

Namun jalanan menanjak dan sepertinya cukup takes time kalau jalan kaki, hehe... jadi manfaatkan saja fasilitas yang ada :)

Biasanya ada 2 hingga 3 kloter bus yang mengantar mahasiswa. Sore nanti saat pulang dari kampus bus juga akan mengantar kembali ke Barak.

Jadi selama sebulan full mahasiswa baru wajib mengikuti matrikulasi, waktunya sekitar pukul 07.00 hingga pukul 15.00. Setelah menjalani matrikulasi, waktunya para mahasiswa untuk pindah ke asrama :)

Nah, asrama ini letaknya lebih naik ke atas lagi, tetapi jaraknya tidak terlalu jauh kok dari kampus. Lumayan, rutinitas olahraga baru kalau setiap hari jalan kaki asrama-kampus-asrama :D hehe. 

Yang bikin agak PR tanjakannya aja sih, makanya beberapa orang memilih membawa kendaraannya. Bangunan asrama terdiri dari 3 lantai, lantai 1 dan 2 untuk putra, lantai 3 khusus untuk putri. 

Setiap pintu memiliki nomor sendiri, nah di setiap pintu itu terdapat 3 kamar tidur dan 1 kamar mandi. Alhamdulillah banget, saya dapat room-mate yang baik banget. Gak akan terlupakan deh semua kenangan saat masih di asrama.

Ada beberapa fasilitas yang disediakan di dalam kamar kita, diantaranya AC di masing-masing kamar tidur, kulkas, TV, lemari, meja belajar, kasur beserta bantal, guling, sprei, dispenser, hingga jemuran baju lho. 

Wah, benar-benar gak tanggung-tanggung fasilitas yang ada di asrama, tempatnya juga cukup nyaman dan tenang buat belajar atau mulai menyusun tesis.

Akan tetapi, mahasiswa hanya berkesempatan tinggal di mess sampai semester 3. Jadi di semester 4 saat menyusun tesis, mahasiswa mencari kost atau pulang pergi dengan bus/kendaraan pribadi (jika tinggal di sekitar Jabodetabek). 
Tetapi karena kebanyakan mahasiswa berasal dari luar Jabodetabek, bahkan dari luar Pulau Jawa, maka kebanyakan mereka mencari kost.

Nah, ada beberapa alternativ pilihan dalam menentukan lokasi kost. Sebagian mahasiswa memilih kost yang lokasinya dekat dengan kampus Unhan

Namun tidak sedikit dari mereka yang memilih kost di sekitar Salemba, mengapa? Karena lokasinya lebih dekat ke pusat perkotaan, di Salemba ini juga merupakan lokasi pool Bus jemputan Unhan.

Terdapat tiga lokasi pool Bus jemputan Unhan. Yang pertama ada di Salemba (Kampus Unhan Salemba), yang kedua ada di Cawang (Lokasi Pom Bensin dekat perumahan Kemhan), dan yang ketiga yang suka saya tumpangi yakni di Cibubur (Jambore). 

Bus dari Salemba akan keluar tol Cibubur terlebih dahulu untuk menjemput beberapa karyawan Unhan yang biasa naik dari sana. 

Setelah itu kembali masuk pintu tol Cibubur, dan perjalanan yang dibutuhkan hanya sekitar 30 menit untuk sampai di kampus Unhan Sentul.

Nah, itu dia kurang lebih masa-masa selama kuliah di Unhan mulai dari matrikulasi selama satu bulan yang mengharuskan mahasiswa tinggal di Barak. 

Lalu masa-masa kuliah semester satu hingga tiga tinggal di asrama, hingga semester 4 yang sebagian kost, pulang-pergi dengan bus, membawa kendaraan sendiri, atau nebeng juga bisa kalau ada yang searah mungkin. Hehe.

See you di tulisan selanjutnya :D Semoga bermanfaat.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Blog Kaklia.com

Nama

Dunia Pendidikan,14,Inspirasi,2,Parenting,5,Rekomendasi,6,
ltr
item
Noerlia Agustina Rachman Blog: Pengalaman Tinggal di Barak, Asrama Unhan, Hingga Tips Setelah Tidak Lagi TInggal di Asrama
Pengalaman Tinggal di Barak, Asrama Unhan, Hingga Tips Setelah Tidak Lagi TInggal di Asrama
Hal yang tidak terlupakan pada saat tinggal di barak dan asrama Unhan, hingga tips setelah keluar dari asrama.
https://3.bp.blogspot.com/-o63vuWdFb-o/WkpMWf38l_I/AAAAAAAABww/f3h0Szxsu6o1P4iii0RdRuOQ9VlrIDVNgCLcBGAs/s640/daria-shevtsova-432015.jpg
https://3.bp.blogspot.com/-o63vuWdFb-o/WkpMWf38l_I/AAAAAAAABww/f3h0Szxsu6o1P4iii0RdRuOQ9VlrIDVNgCLcBGAs/s72-c/daria-shevtsova-432015.jpg
Noerlia Agustina Rachman Blog
https://www.kaklia.com/2018/01/barak-asrama-bus-unhan.html
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/2018/01/barak-asrama-bus-unhan.html
true
5982765889919919835
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content