$type=ticker$count=12$cols=4$cate=0

$type=grid$count=3$meta=0$sn=0$rm=0$show=home

Jogja dan Pesona yang Tak Pernah Mati

SHARE:

Jogja bukan hanya tentang bakpia dan gudeg, yuk intip beragam potensi ekonomi kreatif yang terselip dari balik kota Jogja.


Berbicara Jogja, rasanya memang tidak pernah ada habisnya.

Dari wisata, kuliner, hingga keeksotisan lokasi-lokasi di kota hingga sudut Jogja.

Jogja bukan hanya tentang kota pendidikan. Jogja bukan hanya tentang bakpia.

Jogja bukan hanya tentang gudeg. Jogja selalu menjadi kenangan indah di setiap insan yang datang kesana.

Jogja selalu punya cerita untuk dibagi bersama. Yogyakarta merupakan wilayah dengan segudang potensi ekonomi kreatif.

Potensi tersebut terentang mulai dari sumber daya manusia hingga kultur tradisional yang melekat pada Yogyakarta. Tidak seperti kebanyakan wilayah di nusantara, Yogyakarta bisa dibilang sebagai wilayah yang minim akan sumber daya alam.

Oleh karena itu, Yogyakarta tidak bisa menyandarkan perekonomiannya melalui industri-industri ekstraktif.

Namun demikian, Yogyakarta memiliki tradisi budaya yang panjang, didukung oleh keberadaan kelompok-kelompok minoritas kreatif yang memiliki tradisi literati dan keilmuan yang tinggi, tersebar di berbagai disiplin keilmuan di 133 kampus, didukung oleh kalangan innovator muda di bidang industi kreatif berbasis kampus, terutama di bidang tekologi informasi (TI), yang berusaha di tengah-tengah kota dan di klaster-klaster kerajinan di pedesaan.

Dengan kata lain, Yogyakarta memiliki sumber daya manusia kreatif yang bisa menopang perekonomian Yogyakarta. Beberapa industri kreatif yang menjadi Penggerak perekonomian Provinsi yogyakarta antara lain : a. Batik Batik sebagai karya tradisional Indonesia telah menjadi bagian tak terpisahkan dari Yogyakarta.

Selain memiliki nilai seni tinggi serta sejarah tak ternilai, batik juga telah mampu memberikan keuntungan ekonomi bagi masyarakat Kota Gudeg tersebut. Dewan Kerajinan Dunia (World Craft Council/WCC) menetapkan Daerah Istimewa Yogyakarta sebagai Kota Batik Dunia pada peringatan 50 tahun organisasi tersebut di Dongyang, Provinsi Zhejiang, Tiongkok pada 18-23 Oktober 2014.

Pusat – pusat penjualan dan industri batik di Yogyakarta antara lain a. Jalan Malioboro dan Pasar Beringharjo b. Kampung Batik Ngasem c. Desa Krebet d. Sentra Batik Tulis Giriloyo b. Gerabah Industri kerajinan gerabah juga merupakan salah satu andalan perekonomian di Yogyakarta, yang salah satunya berada di Desa Kasongan, Kabupaten Bantul.

Produk yang dihasilkan mulai dari dari guci, jambangan, vas bunga, patung loro blonyo, patung hewan, tempat lilin, souvenir-souvenir kecil untuk pernikahan dan sebagainya. Pangsa pasar produk keramik Kasongan sebagian besar di luar negeri, antara lain ke Malaysia, Singapura, Korea, Jepang, Amerika Serikat, Belanda dan lain – lain. Dalam perkembangannya Desa Kasongan, yang dulu menjadi tempat produksi, kini berkembang menjadi Desa Wisata dan sebagai tempat pemasaran setelah berdiri kios - kios /show-room.

c. Industri Kulit Industri kerajinan kulit juga merupakan salah satu andalan perekonomian di Yogyakarta, Beberapa Pelaku Industri dan Lembaga pendukung di bidang Industri Kreatif kerajinan kulit di Yogyakarta yang dapat dikunjungi untuk dapat dijadikan sumber informasi dan perolehan data adalah sebagai berikut

1) Pelaku Industri Penyamakan Kulit dan pengrajin kulit Manding Bantul Pada kunjungan di Pelaku Industri penyamakan kulit ini kita diharapkan dapat memperoleh data dan informasi terkait dengan perkembangan Industri kreatif kerajinan kulit sebagai berikut: • Produk yang dihasilkan • Proses Alur Produksi (mulai dari bahan baku sampai dengan produk yang dihasilkan) • Pengelolaan dan Peningkatan Sumber Daya baik Modal, Ketersediaan bahan baku, Sarana dan Prasarana Produksi sampai dengan Sumber Daya Manusia • Tujuan Pemasaran Produksi baik pemasaran local, regional sampai dengan pemasaran ke luar negeri • Harapan pelaku industry terkait dengan kebijakan pemerintah, peluang, tantangan dan hambatan yang ada

2) Balai Penelitian dan Pengembangan Kulit Yogyakarta • Profil Industri kreatif kerajinan kulit di Yogyakarta • Mapping Potensi dan tantangan Industri Kreatif Kerajinan Kulit Yogyakarta • Program, Inovasi dan Strategi yang dilakukan Balai Penelitian dan Pengembangan Kulit Yogyakarta dalam meningkatkan produktifitas baik secara kualitas maupun kuantitas industry kreatif kerajinan kulit di Yogyakarta.

3) Akademi Teknik Kulit Yogyakarta • Kondisi Keterampilan atau skill pelaku Industri Kreatif Kerajinan Kulit khususnya Yogyakarta • Program peningkatan kualitas Sumber Daya Manusia di bidang Industri Kreatif Kerajinan Kulit Yogyakarta.

COMMENTS

BLOGGER: 1
Blog Kaklia.com

Nama

Dunia Pendidikan,14,Inspirasi,2,Parenting,5,Rekomendasi,6,
ltr
item
Noerlia Agustina Rachman Blog: Jogja dan Pesona yang Tak Pernah Mati
Jogja dan Pesona yang Tak Pernah Mati
Jogja bukan hanya tentang bakpia dan gudeg, yuk intip beragam potensi ekonomi kreatif yang terselip dari balik kota Jogja.
https://4.bp.blogspot.com/-2zQXDrvXFns/V9EpyLMdIeI/AAAAAAAAAmE/Gt8xgTrDNJkSQEhial5Q9kcjp6lWqzwDwCLcB/s640/temple-1210626_1280.jpg
https://4.bp.blogspot.com/-2zQXDrvXFns/V9EpyLMdIeI/AAAAAAAAAmE/Gt8xgTrDNJkSQEhial5Q9kcjp6lWqzwDwCLcB/s72-c/temple-1210626_1280.jpg
Noerlia Agustina Rachman Blog
https://www.kaklia.com/2016/09/jogja-dan-pesona-yang-tak-pernah-mati.html
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/
https://www.kaklia.com/2016/09/jogja-dan-pesona-yang-tak-pernah-mati.html
true
5982765889919919835
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content